Minggu, 26 Januari 2020

Disiplin kunci sukses pesilat

APASIH TUJUAN IKUT BELAJAR SILAT

Tujuan utama belajar Pencak Silat adalah sebagai pendidikan jasmani dan rohani sehingga dapat memahami ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) berlandaskan iman dan taqwa (Imtaq) terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan secara sadar supaya mengetahui atau dapat melakukan sesuatu. Dengan belajar, maka akan ada suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia yang ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan berbagai kemampuan lainnya.Perubahan tingkah laku dari belum dapat melakukan sesuatu menjadi dapat melakukan sesuatu merupakan hasil belajar. Perubahan tersebut timbul karena adanya pengalaman dan latihan.Belajar pencak silat sangat dibutuhkan untuk dapat membina  menjadi seorang yang berwatak kesatria, berwibawa dan bermoral karena falsafah pencak silat adalah falsafah budi pekerti luhur yang juga disebut sebagai falsafah pengendalian diri. Falsafah budi pekerti luhur mengajarkan agar manusia menggiatkan akal, rasa dan kehendaknya serta menampilkan watak atau akhlaqnya secara terpuji .

DENGAN IMAN DAN AKHLAK SAYA MENJADI KUAT 
TANPA IMAN DAN AKHLAK SAYA MENJADI LEMAH

 Yang ingin diwujudkan dengan kegiatan itu adalah sikap, perilaku dan perbuatan yang luhur, yakni sikap, perilaku dan perbuatan yang terkendali yg di dasar iman atau moral yg baik..

Dalam perkembangan sosial dan budayanya,makna pencak silat adalah pengendalian jurus bela diri, seni dan olah raga beserta falsafahnya yang berlandaskan pada nilai-nilai serta kaidah-kaidah agama dan moral yang dijunjung tinggi sebagai suatu kesatuan oleh masyarakat 

Pengendalian  diri  merupakan unsur pokok pembentuk disiplin, sedangkan disiplin  lahir, tumbuh  dan  berkembang dari sikap seseorang di dalam  sistem nilai budaya yang telah ada di dalam masyarakat. Perlu disadari bahwa disiplin merupakan bekal utama untuk dapat meraih sukses, tapi pada kenyataannya masih sangat banyak yang memandang disiplin secara negatif. Hal tersebut terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang belum memahami hakikat disiplin dan belum mengetahui cara membentuk sikap disiplin secara efektif dan efesien.
Sebagaimana kita ketahui bahwa disiplin adalah kepatuhan pada suatu peraturan, baik lisan maupun tulisan. Oleh karena itu membentuk atau membangun kedisiplinan khususnya terhadap peserta didik tapak suci sangat berguna bagi kepentingan pribadi, orang lain maupun masyarakat. Alangkah prihatinnya apabila kalangan peserta didik terpelajar belum dapat memahami hakikat disiplin dan tidak peduli dengan adanya suatu proses pembentukan sikap disiplin yang tentunya akan berdampak negatif terhadap karir dan masa depannya.
Dengan belajar pencak silat, maka para peserta didik tapak suci diharapkan bisa menerapkan di sekolah, maupun di luar sekolah yg akan memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi sehingga lebih efektif serta efisien dalam membangun atau membentuk sikap disiplin dan dapat lebih mudah mengendalikan perilakunya.
dengan metode motifasi positif
atau sugesti sugesti positif setiap latian

Hakikat disiplin yaitu:

-.Merupakan nilai ketaatan dan kepatuhan
-.Mencerminkan sikap malu berbuat yang menyimpang
-.Berarti loyal terhadap norma dan aturan
-.Artinya cinta terhadap keteraturan dan ketertiban
-.Berarti bisa membedakan mana yang boleh dantidak boleh
-.Merupakan kemampuan mengendalikan diri
-.Berarti tahu standar perilaku yang baik
-.Disiplin akan tumbuh dengan latihan dan kebiasaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANIMASI TAPAK SUCI